Prodi Manajemen Uang

Melalui jaminan ini, pemegang saham juga tidak akan ragu untuk meningkatkan ukuran investasi. Seorang manajer keuangan mempunyai peran untuk merencanakan serta mengontrol keuangan perusahaan, menyeleksi komposisi modal, dan mengatur surplus. Dengan begitu, keberlangsungan suatu perusahaan ditentukan oleh baik tidaknya pengaturan dan pengelolaan keuangannya. Manajemen moneter adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, pencairan, dan penyimpanan dana perusahaan untuk memaksimalkan profit dengan modal seminimal mungkin.

Berdasarkan Sutrisno, manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan usaha-usaha memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta cara untuk menggunakan dana dan mengalokasikan dana tersebut sebagaiselaku, ala, menurut, efisien. Pengertian manajemen keuangan tersebut sudah mengalami banyak sekali perkembangan.

Berawal untuk pengertian yang sekedar mengutamakan kegiatan untuk mendapatkan / memperoleh dana hingga mencakup pengertian dalam sebuah perkerjaan mendapatkan, cara menggunakan credit hingga pengelolaan terhadap substansi atau aktiva perusahaan. Adalah ahli bernama George L Terry menyebutkan bahwa wujud setidaknya empat aktivitas dalam dikenal dengan sebutan POAC dari singkatan Planning, Arranging, Actuating, dan juga Managing. Pengaturan keuangan dalam suatu perusahaan disebut dengan manajemen keuangan. Kegiatan ini berhubungan denganpendanaan modal kerja, cara mengalokasikan dana, serta mengelola aset yng dimiliki guna mencapai tujuan utama perusahaan.

Sumber nilai yang akan digunakan untuk membiayai investasi tersebut meraih berupa utang jangka pendek, utang jangka panjang, lalu modal sendiri. Kedua, penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbagus atau sering disebut sistem modal yang optimum.

Mata kuliah ini merupakan matorral kuliah kompetensi dasar yg memberikan pondasi pemahaman lalu keterampilan dalam bidang manajemen keuangan. Mata kuliah terkait membahas berbagai teori dan perhitungan dalam proses pengelolaan dan pengambilan keputusan moneter perusahaan dan investasi. Mulailah, keputusan mengenai penetapan sumber dana yang diperlukan tuk membiayai investasi.

Manajemen ini melingkupi tiga keputusan, yaitu keputusan investasi, keputusan keuangan, dan keputusan dividen. Manajemen keuangan atau finansial adalah kegiatan pengelolaan arus kas secara efektif dan efisien. Terkait menyangkut upaya pengaturan perputaran uang masuk dan keluar, berpartisipasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal mencari nilai, melakukan investasi, menetapkan kebijakan pembagian laba atau dividen, serta mengontrol pembuatan laporan keuangan. Dalam kegiatan di sini. pihaknya menyampaikan beberapa materi tentang permasalahan yang dihadapi UMKM yaitu masalah kuangan dan non finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *